Patung Seribu Tanjungpinang (Vihara Ksitigarbha Bodhisatvva)

by - Februari 16, 2018


Assalamualaikum..Apakabar temen-temen sehat kan ? Alhamdulillah sehat ya, semoga selalu diberi kesehatan dan untuk yang kurang sehat semoga diberi kesembuhan amiin. Rasanya sudah hampir satu bulan saya balik ke Tanjungpinang tapi belom sempat kemana-mana masih jet lag. Dan hari ini saya memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di Tanjungpinang yaitu Patung Seribu.



Patung Seribu begitu orang-orang menyebutnya atau Vihara Patung Seribu Wajah nama aslinya adalah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Pembangunan Vihara ini  berlangsung 14 tahun dan memiliki 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan memiliki lebih dari 40 patung dewa-dewa kepercayaan Budha. Pembuat patung-patung tersebut dibuat langsung oleh seniman dari Tiongkok. Patung patung tersebut disusun berbaris rapi seragam. Harga dari sebuah patung sebesar 25 juta bersertifikat lengkap dengan garansi selama 500 tahun.

Konon katanya Vihara ini memiliki patung terbanyak diantara Vihara lainnya di Indonesia. Tidak hanya tempat beribadah tapi Vihara ini sekarang menjadi tempat wisata, pengunjung tidak hanya yang beragama Budha saja ada yang beragama hindu maupun islam datang kesana karena mempunyai daya tarik tersendiri.

Harga tiket masuk per orang juga bisa dibilang sangat murah sekali ya yaitu Rp. 5000,- rupiah saja tanpa dipungut biaya parkir alias gratis. Murah banget kan, tempatnya bersih dan udaranya seger banget mungkin karena letaknya di daerah perbukitan. Didalam juga ada warung atau kedai kecil yang berjualan air minum untuk pengunjung. Kita bisa berpoto di halaman vihara yang terdapat banyak patung kalau didalam viharanya sendiri kurang tau mungkin harus izin terlebih dahulu karena merupakan tempat peribadatan takutnya bakal mengganggu orang yang lagi beribadah.

You May Also Like

0 komentar